24 Februari 2010

Mengapa Harus Survival..?

Survival berasal dari kata survive yang artinya bertahan hidup, pengertian tersebut seringkali dipakai para petualang saat dirinya atau orang lain mengalami kesulitan dalam petualangannya semisal tersesat di hutan dan gunung sehingga harus bertahan untuk hidup agar dapat keluar dari kesulitan yang dihadapi.

kata survival sudah menggema bukan hanya petualang yang sering menyebutnya, bahkan setiap orang yg menghadapi kesulitan hiduppun seringkali memaknai kata survival sebagai kunci untuk keluar dari kesulitan hidupnya.



sebagai petualang atau cah gunung saya ingin memaknai survival dalam pengertian bertahan hidup dialam bebas. demikian menurut saya timbulnya kebutuhan survival karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi. Kesulitan-kesulitan tsb antara lain :

• Keadaan alam (cuaca dan medan)
• Keadaan mahluk hidup disekitar kita (binatang dan tumbuhan)
• Keadaan diri sendiri (mental, fisik, dan kesehatan)
• Banyaknya kesulitan-kesulitan tsb biasanya timbul akibat kesalahan-kesalahan kita sendiri. Dalam keadan tersebut ada beberapa faktor yang menetukan seorang Survivor mampu bertahan atau tidak, antara lain : mental, kurang lebih 80% kesiapan kita dalam survival terletak dari kesiapan mental kita.

Timbulnya kebutuhan survival karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi. Kesulitan-kesulitan tsb antara lain :

• Keadaan alam (cuaca dan medan)
• Keadaan mahluk hidup disekitar kita (binatang dan tumbuhan)
• Keadaan diri sendiri (mental, fisik, dan kesehatan)

Banyaknya kesulitan-kesulitan tsb biasanya timbul akibat kesalahan-kesalahan kita sendiri.


Banyak cara memaknai Survival diantaranya mengartikan sbb:

S = Sadarilah sungguh-sungguh situasimu
U = Untung malang bergantung pada ketenanganmu
R = Rasa takut dan panik harus dikuasai
V = Vakum/kekosongan jiwa isilah segera
I = Ingatlah dimana kamu berada
V = Viva (hidup) hargailah
A = Adat Istiadat setempat perlu ditiru
L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

Bila kita perhatikan uraian kepanjangan dari survival tersebut di atas, kita akan mendapatkan gambaran tentang apa dan bagaimana pengertian Teknik hidup di alam terbuka atau survival.

Tidak ada komentar: