07 Mei 2009

Ranu Kumbolo, Telaga di Ketinggian 2400 mdpl


Ranu Kumbolo merupakan telaga yang berada pada ketinggian 2400 mdpl dengan luas kurang lebih 12 hektar. Pengunjungnya sebagian besar adalah para pendaki yang akan mendaki puncak Mahameru 3676 mdpl. Kejernihan air dan kemolekan alam Ranu Kumbolo adalah Surganya para pendaki yang menjanjikan kedamaian. Kawasan ini masuk dalam pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS).


Pagi hari suasana sejuk di Ranu Kumbolo kian terasa, dinginnya suhu yang membuat kita menarik nafas dalam-dalam, tak mampu menghilangkan dinginnya desiran angin yang menusuk tulang, Namun seiring dengan matahari yang merangkak naik dari sisi timur telaga ini, membuat kabut tipis diatas air telaga yang menyelimuti bak kapas putih yang halus, memudar terserap sinar matahari.

Menuju Ranu Kumbolo dapat ditempuh dari Probolinggo lewat gurun pasir Bromo menyisir ke arah kiri setelah turun dari cemoro lawang hingga sampai dipertigaan jemplang ke kiri akan sampai ke desa Ranu Pani, , atau melalui Malang terus naik ke Pasar Tumpang dan dilanjut dengan Jeep hingga desa Ranu Pani. setelah mendapat ijin dari pos pendakian gunung Semeru perjalanan dilanjut sekitar 3 hingga 4 jam akan sampai di Ranu Kumbolo.

Pada musim pendakian sekitar bulan Juli hingga Agustus, tempat ini ramai dikunjungi para Pendaki, baik yang akan ke Puncak Mahameru atau sekedar camping di Ranu Kumbolo.
Di Ranu Kumbolo kita tidak boleh sembarang mandi apalagi menggunakan sabun di telaga, yang justru akan mencemari air, oleh karena itu kalau ada yang berani nekat mandi apalagi menggunakan sabun didalam telaga, bakalan ditegur oleh sesama pendaki lainnya.

Kesadaran lingkungan para pendaki Mahameru sangat tinggi, mereka menggunakan air hanya untuk minum, dan memasak, namun apabila ingin mandi mereka mengambil air dan mandi jauh dari telaga untuk menghindari pencemaran air. Kesadaran akan lingkungan ini patut dicontoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungannya masing-masing… iya nggak?

Bukan sekedar mendaki, namun para pendaki yang juga hobi memancing tak pernah melewatkan membawa pancing untuk sekedar melepas hobi di telaga ini, wah lumayan kalau dapat, ikannya besar-besar, paling kecil ikannya sebesar kaki orang dewasa, bayangkan bagaimana ikan yang paling besar he he…

2 komentar:

pono mengatakan...

Bagus sekali ya tempate..penjelasane juga bagus..membuat pembaca jadi pingin kesana heheheee
Kira" ada jam atau batas waktu untuk mendaki kesana??

Djel Cah Gunung mengatakan...

@mas Pono : ranu kumbolo adalah jalur pendakian menuju G. Semeru 3676 mdpl, sebenarnya tidak ada batas waktu jika mau singgah di ranu kumbolo kecuali bila terjadi badai atau mungkin aktifitas G. Semeru meningkat...